Belajar Disiplin Dari Orang Korea

Oleh : Andrik Sugianto

DISIPLIN banyak ragam dan jenisnya, akan tetapi jika berbicara tentang disiplin pada umumnya sering diartikan dengan disiplin waktu. Tak salah memang pengertian ini, memang waktu sering menjadi tolak ukur tingkat kedisiplinan seseorang. Kita sering dikatakan tidak disiplin jika tidak tepat waktu. Apakah memang itu pengertian disiplin. Tidak juga, tapi yang jelas diartikel ini saya akan bercerita tentang disiplin yang berhubungan dengan waktu.

Kemarin saya mendapatkan undangan dari departemen tenaga kerja korea, khusus yang menangani pekerja asing untuk mengikuti pelatihan sistem dan managemen industri kecil. Pelatihan ini ditujukan untuk pekerja asing agar sepulangnya ke tanah air nanti dapat memanfaatkan modal yang didapatkannya untuk membuka industri. Wowww salut untuk tujuan mulia ini. Tidak menyia-siakan undangan ini akhirnya saya putuskan untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Hari ini terpaksa ijin pada perusahaan untuk tidak masuk kerja guna mengikuti pelatihan tersebut. Undangannya sih di tetapkan acara dimulai jam 09.00 pagi. Dasar kebiasaan saya (dan kebanyakan orang indonesia lainnya) sering meremehkan jam pelaksanaan yang ditetapkan. Pengalaman saya  kalau di indonesia jika diundang jam 09.00 itu artinya jam09.00 baru berangkat dari rumah, biasanya  acara sering molor jika undangannya jam 09.00 mungkin acara baru dimulai jam 10.00 atau mungkin jam 11.00. Iya kan?? Biasa jam karet selalu molor.

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Rupanya peribahasa ini patut saya cam kan dalam-dalam.  Bukannya apa saya sering membawa budaya saya di indonesia ke tempat lain, salah satunya hari ini. Guna mengikuti pelatihan tersebut saya berangkat dari rumah jam 08.30 dengan harapan diperjalanan 1 jam sampai tempat 09.30 okelah molor sedikit paling acaranya juga molor.

Tapi apa yang terjadi ??

Sesampainya ditempat ternyata acara sudah dimulai setengah jam yang lalu, artinya pas jam 09.00. Ya ampun antara malu, bingung, dan serba salah jadi satu. Malu ya jelas lah saya menjadi fokus perhatian saat itu. Bingung…mau pulang jelas tidak mungkin mau lanjut aduh….kepalang basah. Serba salah. yah…. dengan keterlambatanku ini artinya aku menyia-sia kan kepercayaan penyelenggara. Dan yang lebih membuat saya keluar keringat dingin ketika salah satu pembicaranya mengatakan:

Maklum orang indonesia sering telat

bayangkan jika anda ada di posisi saya saat ini?!! Apa yang akan anda katakan?

Sungguh hari ini saya mendapatkan pelajaran yang berharga, betapa pentingnya menghargai waktu, betapa pentingnya menciptakan rasa disiplin terhadap waktu.

Tentang kedisiplinan ada banyak hal yang bisa saya pelajari dari orang korea, diantaranya:

  • Orang korea sangat disiplin terhadap waktu, bahkan mereka biasa memulai pekerjaan sebelum jam kerja dimulai.
  • Orang korea disiplin terhadap tanggung jawab yang dibebankan. Mereka berusaha cepat-cepat menyelesaikan tanggung jawabnya.
  • Jika berbuat kesalahan dengan jujur akan mengakuinya.
  • Orang korea mempunyai disiplin diri yang kuat terhadap negara, pemimpin, atasan, atau seniornya.

2 thoughts on “Belajar Disiplin Dari Orang Korea

  1. ahahahaha klo di indonesia justru orang yang selalu tepat waktu dianggap aneh.sudah membudaya. butuh waktu memang. saya ga bisa mengubah budaya molor indo, saya hanya bisa mendisplinkan diri dan mengajarkan anak2 untuk displin dengan contoh tindakan

    • iya…sepakat…
      semuanya harus berawal dari diri sendiri dan lingkup terkecil di sekitar kita…
      memang sangat susah untuk merubah kebiasaan..
      tapi pasti bisa kalau kita mau…disiplin itu hal yg baik kan…^^

Tinggalkan Balasan

