Pesona Pantai Selatan

Pantai Balekambang, Malang Selatan
5 Juli 2012

Setelah sekian lama tak melihat pantai, akhirnya bisa mencium aroma khas pantai lagi. Seharusnya tujuan awal adalah pantai balekambang. entah kenapa begitu sampai di pintu masuk area wisatanya, si tukang parkir ilegal mengatakan bahwa pengunjung belum boleh masuk sebelum jam 12 siang. padahal saat itu waktu baru menunjukkan jam 9 pagi. yang benar saja, sudah  jauh-jauh datang dari Malang, menyengaja datang pagi supaya tidak terlalu panas dan bisa main sepuasnya di pantai, malah belum boleh masuk.

Alhasil, tujuan pun berubah.. pinggiran pantai di dekat area wisata balekambang. hmm…bagus juga
Bersih, sepi.. tidak banyak orang. bisa main sepuasnya..

Indahnya pantai-pantai Indonesia…
Love beach so much…

Pantai Selatan…
Apa yang pertama kali muncul di pikiran kita saat orang lain menyebut pantai selatan?
Ombaknya yang besar… betul..
Dan satu lagi.. mitos Ratu Pantai Selatan, atau kalau orang Jawa biasa menyebut Nyi Roro Kidul..
Keberadaan Nyi Roro Kidul ini yang kemudian disangkutpautkan dengan beberapa pengunjung pantai yang tenggelam saat berenang di wilayah pantai selatan..

Saat sedang duduk2 dengan adikku di pinggiran pantai, ada seorang bapak berpakaian seragam kepolisian beberapa lama memandang ke arah laut. Setelah itu beliau datang menghampiriku dan adikku. Kemudian beliau berpesan “Mbak, jangan berenang disini ya. Di bawah sini ada ‘masjid’ besar”, sambil beliau menunjuk ke arah air tak jauh dari tempatku duduk.

Beberapa lama aku terdiam mencoba memproses pesan bapak polisi itu. Masjid??? Ooo, mungkin yang dimaksud bapak itu adalah istana Nyi Roro Kidul. hehe…
Wallahua’lam..
Allah memang menciptakan makhluk-makhluk yang tidak bisa kita lihat. Kita wajib percaya bahwa jin memang ada. Tapi mereka punya dimensi dunia mereka sendiri.

Diambil sisi positifnya saja, karena ombak di pantai selatan cukup besar jadi sebaiknya tidak berenang terlalu jauh ke tengah pantai. Bukan kemudian disangkutpautkan dengan makhluk lain yang ada disana. Banyak wisatawan yang tenggelam disana, mungkin karena tidak mengindahkan rambu-rambu berupa bendera merah yang tertancap kokoh di tiap pinggir pantai, tidak mengindahkan pesan orang-orang lain di tempat itu. Bukan tenggelam karena ditarik Nyi Roro Kidul. Termasuk mitos tidak boleh memakai pakaian warna hijau saat datang ke pantai selatan, karena Nyi Roro Kidul menyukai warna hijau.

Bukan.. bukan itu..
Yang harus kita pahami adalah dimanapun kita berada kita harus berhati-hati, kita harus menjaga sikap. Agar makhluk-makhluk lain di sekitar kita tidak merasa terganggu dengan kehadiran kita. Makhluk lain ini bukan hanya yang tidak terlihat ya, bisa juga hewan ataupun tumbuhan. Misalkan tidak berteriak-teriak sembarangan atau mengucapkan kata-kata kotor, tidak buang air sembarangan, tidak membuang sembarangan, tidak sembarangan mengambil benda-benda yang ada di suatu tempat. Kalau mau dianalogikan, seperti saat kita bertamu ke rumah orang lain.

Bumi Allah ini begitu luas.. ribuan makhluk ada disana dan Allah sudah menggariskan kehidupannya masing-masing..

Di daerah Malang selatan masih banyak pantai yang bagus. Semoga lain kali bisa menikmati ciptaan Allah yang lain..
Pantai Kondang Merak, Pantai Sendang Biru, Pulau Sempu, dan pantai-pantai lainnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s