Kimchi bokkeumbap (김치볶음밥)

Masih seputar olahan kimchi. Seperti yang saya tuliskan pada tulisan khusus tentang kimchi, kimchi bisa digunakan untuk campuran beragam makanan Korea lainnya. Kali ini saya membuat nasi goreng kimchi. Dalam bahasa Korea disebut kimchi bokkeumbap (김치볶음밥). Tak perlu lagi menambahkan bawang putih, bawang merah, garam dan gula. Sederhana bukan. Tapi rasanya tak kalah enak dengan nasi goreng yang biasa saya buat.

DSCF0573 edit

Bahan-bahannya adalah:
a. Nasi (untuk 2-3 porsi)
b. Kimchi (saya menggunakan kurang lebih 5 sendok makan kimchi)
c. Beberapa sendok air kimchi (saya menggunakan 2-3 sendok makan)
d. Air (saya menggunakan 3 sendok makan)
e. 2 sdm gochujang
f. 3 sdt minyak wijen
g. 1 sdt minyak (untuk menumis)

Cara membuat:
1. Panaskan minyak dan tumis kimchi selama kurang lebih 1 menit.
2. Tambahkan nasi. Kemudian aduk sebentar.
3. Tambahkan gochujang, air kimchi dan air. Aduk semuanya sampai merata. Air digunakan agar nasi tidak kering dan menempel di dasar penggorengan.
4. Tambahkan minyak wijen, aduk rata dan diamkan kurang lebih 1 menit sampai matang.

Rasanya gurih, pedas, dan minyak wijen membuat rasanya menjadi khas. Minyak wijen adalah salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam makanan-makanan Korea. Sederhana bukan?
Resep asli dan tutorialnya bisa dilihat disini ya http://www.maangchi.com/recipe/kimchi-bokkeumbap

Saya kemudian menambahkan bawang goreng untuk taburan dan 1 buah telur untuk lauk. Pada resep aslinya ditambahkan wijen dan kim (김). Kim adalah rumput laut kering. Mungkin kita lebih mengenalnya dengan sebutan nori, lembaran rumput laut kering yang biasa digunakan untuk membuat sushi dan kimbap (김밥) dalam bahasa Korea. Tapi karena kedua bahan ini tidak tersedia di rumah, jadi saya menggunakan bahan-bahan yang ada.

DSCF0578 edit

Selamat mencoba..

Tinggalkan Balasan

